Menyasar Penguatan Usaha Kelompok Masyarakat, Tim Program Kemitraan Masyarakat UNHAS Melakukan Pendampingan Usaha di Desa Laliko Polman

Foto Bersama Tim PKM UNHAS bersama Pemerintah Desa UMKM

Views: 6

Polewali, suarainsani.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang terdiri dari Tim Dosen Departemen Teknik Informatika kembali melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk program Tahun 2024 melalui hibah internal PKM Universitas Hasanuddin di Desa Laliko, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) , pada Kamis (23/05/2024).

Tim yang terdiri dari tiga dosen dan sejumlah mahasiswa terlihat berkolaborasi dalam melakukan pendampingan dan diskusi bersama saat kunjungan. Hadir dalam kegiatan langsung oleh Kepala Desa Laliko, Bapak Andi Rahmanuddin Atjo didampingi Sekretaris Desa beserta kelompok Sasaran UMKM.

Kelompok UMKM yang mengolah hasil periklanan dan pertanian menjadi olahan makanan seperti Abon Ikan, sambal dan beberapa olahan makanan lainnya merupakan kelompok dibawah koordinasi Gonda Mangrove Park yang banyak berkecimpung dalam penguatan kepariwisataan desa Laliko.

Dalam pendampingan yang berlangsung selama beberapa kali ini, diawali dengan post test untuk mengukur tingkat pemahaman anggota kelompok UMKM terkait manajemen usaha, mulai produksi hingga pemasaran produk.

Ashari selaku ketua kelompok, dalam penyampaiannya mewakili seluruh anggota masyrakat, berharap agar pendampingan yang dilakukan dapat berlanjut, utamanya bagaimana promosi produk dan pemasarannya dapat lebih luas.

Prof Indrabayu saat berdiskusi bersama peserta dari UMKM Gonda Mangrove Park

Menanggapi hal ini, Prof. Indrabayu, selaku ketua Tim Dosen yang hadir, sangat optimis dengan Kerjasama yang dijalin, Pihak UNHAS akan senantiasa membantu dan berkoordinasi terkait kelanjutan program.

“Kami di Polman bukan pertama kali mengadakan kegiatan Pengabdian, sebelumnya juga sudah beberapa kali lewat kegiatan-kegiatan penguatan UMKM, apalagi kami di Polman ada mitra Kerjasama dengan Universitas Al Asyariah Mandar yang berada di Polman, sehingga hilirisasi inovasi di UNHAS, jika sulit kami mengatur waktu untuk berkunjung, maka dapat disalurkan melaui dosen-dosen Universitas Al Asyariah Mandar yang sebelumnya sudah bermitra bersama kami.” Tutur Prof. Indrabayu dalam diskusi bersama masyarakat.

Penyerahan Salah satu Bantuan Peralatan di sisi Produksi membantu UMKM dalam memperkuat lini produksinya

Selain kegiatan diskusi dan pelatihan, juga dirangkaikan dengan penyerahan peralatan UMKM yang merupakan bagian dari upaya tim PKM UNHAS untuk membantu masyrakat dalam mengembangkan usaha di sektor Produksi, selanjutnya akan diperkuat lagi pendampingan di sisi promosi dan pemasaran, sesuai harapan masyarakat. (NI/BB)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter