Sadar Pentingnya Regulasi dan Partisipasi dalam Mengembangkan Sektor Keprwisataan, Desa Galeso menggelar FGD Kepariwisataan

Narasumber Basri, S.Kom., MT bersama Kepala Desa Galeso H. Suardi. M memimpin Diskusi Kepariwisataan Desa Galeso

Views: 12

Polewali, suarainsani.com – Dalam upaya meningkatkan sektor kepariwisataan, Desa Galeso bersama Dosen dan Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Desa Galeso, Selasa, (10-10-2023). 

Pertemuan yang bertopik Analisis Pengelolaan Desa Wisata Melalui Partisipasi dan Regulasi Desa Wisata, dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rangkaian program Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dikerjakan oleh sekelompok Dosen dan Mahasiswa dari Unasman.

“Program ini sebagai keberlanjutan dari rangkaian program Pengabdian yang dikerjakan tahun ini, dan sasaran kita pada kegiatan ini selain ada bentuk penyadaran partisipasi masyarakat, juga penting untuk membicarakan draft Peraturan Desa khusus pengelolaan sektor Pariwisata.” Tegas Basri, S.Kom., MT selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Desa Galeso, H. Suardi. M, berharap bahwa program-program penguatan sektor kepariwisataan dapat Kembali dilakukan, dan pemerinta desa siap membantu dan berkontribusi untuk memperkuat kebutuhan, termasuk Perdes yang selama ini memang belum ada, sehingga masyarakat pengelola kepariwisataan di desa masih kesulitan dalam mengelola atraksi Wisata yang ada, sehingga pemerintah desa juga sulit untuk mendapat Pendapat Asli Desa (PADes).

Acara yang berlangsung dalam bentuk dialog tersebut, dihadiri oleh perwakilan Badan Permusyawaran Desa (BPD), Unsur Kelompok Sadar Wisata Desa, Para Kepala Dusun, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Dipandu oleh Basri S.Kom. M.T., peserta membahas langkah-langkah penyusunan Peraturan Desa Pengelolaan Pariwisata, termasuk bagaimana Langkah-langkah awal dalam memajukan kepariwisataan di desa.

Acara yang merupakan rangkaian program yang mendapat Pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, Kemdikbudristek ini sukses menunjukkan komitmen dari berbagai pihak untuk menjadikan Desa Galeso sebagai destinasi wisata yang berkembang.

Terpantau dalam laporan pelaksana, bahwa partisipasi masyarakat yang hadir berharap agar keberlanjutan program dapat segera dilakukan utamanya regulasi sehingga Langkah-langkah strategis berikutnya dapat segera direncanakan dengan baik. (HA/BB)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter