Koordinasi dan pra kegiatan, Tim Program Kemitraan Masyarakat Unasman melibatkan diri di Pra festival penyu bersama Mitra

Tim Dosen dan Mahasiswa bersama Rektor sekaligus pendampng program PKM

Hits: 8

Polewali, suarainsani.com – Setelah dinyatakan sebagai pemenang Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada 28 April 2022 yang lalu, Tim PKM Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) yang terdiri dari 3 Dosen Pelaksana dan 5 Mahasiswa, tidak menunggu waktu lama mulai beraksi di lokasi kegiatan mitra.

Aksi tersebut memanfaatkan momentum Festival penyu yang akan diselenggarakan 14-16 Juni 2022 nanti. Untuk itu dalam rangka memeriahkan acara, sekaligus ikut terlibat sesuai dengan perencanaan program PKM, tim Unasman bersama mitra menggelar acara Pra-Festival Penyu pada Ahad, (22/05/2022).

Sebelumnya tim bersama mitra dan koordinator program Pengabdian Unasman rapat koordinasi membahas persiapan kegiatan dan agenda program PKM ke depan.

Koordinasi Awal program antara mitra dan Mahasiswa yang dilibatkan

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Ibu Naim Irmayani, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Unasman, Basri, S.Kom., MT selaku ketua pelaksana PKM, Yusri selaku ketua komunitas Sahabat Penyu, serta lima mahasiswa yang juga dilibatkan sebagai mahasiswa pelaksana PKM yang diintegrasikan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Di lokasi mitra, dalam kegiatan Pra-Festival penyu, Rektor Unasman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, yang juga salah satu tim dosen pelaksana, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan antara Unasman dan Mitra Sahabat Penyu, harapannya kerjasama ini berlanjut karena sejalan dengan visi misi Unasman sebagai kampus lestari dan berbudaya.

“Unasman sebagai kampus bukan hanya menangani soal pengajaran, tetapi juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar masyarakat lebih luas dapat menerima manfaatnya.” Tegas Rektor di sela-sela acara bermain bersama anak-anak di lokasi mitra.

penjelasan oleh Yusri koordinattor sahabat penyu tentang proses habitat penyu

Naim Irmayani, selaku Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Unasman, melaporkan bahwa acara tidak hanya sekedar seremonial saja, akan tetap dengan keterlibatkan mahasiswa dan dosen PKM Unasman kita mengadakan beberapa kegiatan sosialisasi di lokasi bersama masyarakat, juga menghadirkan beberapa komunitas lainnya seperti Komunitas peka (Peduli Kemanusiaan), DPC PPMI kabupaten Polewali Mandar, serta Radikal live selaku komunitas travel yang banyak membawa bule mancanegara datang berkunjung ke Sulawesi Barat.

Beberapa agenda yang berjalan dalam Pra-Festival diantaranya sosialisasi terkait pentingnya kita menjaga alam lewat penyu, simulasi mengetahui sarang penyu, pelepasan tukik, serta outbond games sederhana anak Mampie. (NI/BB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Subscribe To Our Newsletter