Video Profil Desa Tonrolima Buatan Mahasiswa Unasman Menguak Potensi Pertanian dan Perkebunan

Dokumentasi kegiatan Bersama Rektor Unasman, Ketua LPPM Unasman, Kepala Desa Tonrolima dan Dosen Pembimbing

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 20

Polewali, suarainsani.com – Mahasiswa Unasman yang tergabung dalam Program Unasman Membangun Desa (PUMD) yang berlokasi di desa Tonrolima, menggelar acara Penarikan yang dirangkaikan dengan dan Penyerahan produk pengabdian pada Selasa (05/10/2021) di Kantor Desa Tonrolima Kecamatan Matakali.

Acara yang dihadiri oleh Rektor Unasman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, juga didampingi Ketua LPPM Unasman, Bapak Basri S.Kom.,MT, dan Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Nur Hafsah Yunus, S.Pd., M.Pd.

Kepala Desa Tonrolima, Bapak Mawar, SS.,  yang juga hadir beserta aparat desa, Pengurus BPD, serta para tokoh masyarakat, turut senang atas kehadiran mahasiswa PUMD di desa Tonrolima.

“Walaupun singkat, namun kita berharap masih tetap membantu beberapa program tambahan seperti penanaman bibit tanaman sebelum pulang nantinya sehingga ada kenang-kenangan yang ditinggalkan.” Harap Kepala Desa Tonrolima.

Saat pemaparan laporan program, Kordes Desa Tonrolima, Fadli menyampaikan beberapa program kerja yang sudah dikerjakan selama 42 hari di desa, dan yang paling diunggulkan adalah program pembuatan video Profil desa, yang menggambarkan kehidupan masyarakat desa, kegiatan pemerintahan, dan yang terpenting adalah ekspose potensi desa Tonrolima yang dapat diakses melalui video youtube nantinya.

“Desa Tonrolima Kecamatan Matakali ini adalah salah satu desa yang memiliki potensi wilayah perkebunan dan pertanian sehingga potensial untuk budidaya perkebunan dan Pertanian, dan Pak Desa juga punya rencana inovasi untuk sentra peternakan, sehingga dengan adanya video profil desa ini setidaknya dapat menambah Informasi masyarakat secara umum tentang potensi desa ini.” Jelas Fadli dalam laporannya.

Menanggapi hal ini, rektor Unasman, Ibu Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, menyampaikan apresiasi dan berharap bahwa inovasi desa yang direncanakan dapat dikerjasamakan dengan kampus ke depan lewat program merdeka belajar, sehingga  Kepala Desa bersama Masyarakat dapat dengan mudah melaksanakan program karena ada keterlibatan akademisi.

Menutup sambutannya, Rektor Unasman, menyampaikan harapan yang besar agar program yang dicetuskan oleh mahasiswa melalui PUMD selama 42 hari ini dapat bermanfaat bagi pemerintah desa, masyarakat serta dapat dilanjutkan untuk kegiatan-kegiatan berikutnya.

Kepada media, Rektor Unasman, setelah melihat video profil singkat, cukup bangga karena mahasiswa dapat bekerja keras membantu mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghasilkan karya pengabdian tersebut, dan hal tersebut menurutnya sangat baik karena mampu menyajikan potensi desa secara langsung, apalagi menggunakan Pesawat Drone untuk merekam dari atas penampakan potensi desa (BB/MA).

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter