Kabupaten Mamasa Siap Kolaborasi Program Berkelanjutan dengan Unasman

Rektor Unasman saat memberikan Sambutan pada Acara Penarikan Mahasiswa PUMD Senin 4 Oktober 2021

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 42

Mamasa, suarainsani.com – Program Unasman Membangun Desa (PUMD) menuai harapan besar bagi dukungan Pembangunan Mamasa, sebagaimana laporan perwakilan mahasiswa pada acara penarikan mahasiwa yang berlangsung di Kantor Bupati Mamasa pada Senin (04/10/2020).

Dalam laporannya, Denianto mewakili mahasiswa PUMD Mamasa menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 80 mahasiswa yang tersebar di 4 kecamatan dan 7 desa se-kecamatan Mamasa menjadi pilot project dari Program Unasman di sana. Dilaporkan setidaknya dari program rintisan yang dilaksanakan selain menyentuh sanitasi, program stunting, juga pemenuhan pangan mandiri keluarga.

Acara yang dihadiri langsung oleh Rektor Unasman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si beserta Ketua LPPM Bapak Basri, S.Kom.,MT, Kepala Biro AUKU Bapak Sulihin Azis, M.Si, jajaran panitia, serta para Dosen Pembimbing Lapangan, juga dihadiri oleh unsur Pemerintah Kabupaten Mamasa dalam hal ini oleh Wakil Bupati Mamasa Bapak Martinus Tiranda, S.IP, serta pemerintah Kecamatan, dan para kepala Desa lokasi PUMD.

Rektor Unasman dalam sambutannya, berharap kolaborasi dan kerjasama antara Unasman dan Pemerintah Kabupaten Mamasa yang selama ini terjalin dapat lebih serius lagi menyentuh sektor program pemerintah yang potensial melibatkan unsur Akademisi.

Peserta Acara selain dihadiri perwakilan mahasiswa, juga perwakilan Kecamatan, para Kepala Desa, dan Unsur Pemerintah Kabupaten Mamasa

“Selama ini antara Unasman dan Pemerintah Kabupaten Mamasa sudah ada kerjasama dalam bentuk MoU, namun secara khusus mengerjakan project bersama dimana akademisi dari Unasman bisa berkontribusi belum dibicarakan secara mendalam, untuk itu rintisan program PUMD yang kami kerjakan selama 42 hari ini, diharapkan dapat menjadi pemicu program-program yang berkelanjutan.” Papar Rektor Unasman.

Tambahnya bahwa, dengan adanya kebijakan pemerintah terkait Kampus Merdeka, sangat memungkinkan mahasiswa tidak hanya 42 hari di desa membantu pemerintah, bahkan dapat dilakukan satu semester,  dan berlanjut satu semester lagi di desa.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Mamasa Bapak Martinus Tiranda, S.IP, mewakili pemerintah Kabupaten Mamasa, sangat antusias dan berharap bahwa kerjasama ini segera dikoordinasikan.

“Secara kelembagaan, Pemerintah Kabupaten Mamasa dengan terbuka siap berkolaborasi bersama menindaklanjuti program-program kerjasama ke depan.” Tegas Wakil Bupati yang juga alumni Unasman.

Lanjutnya, bahwa Unasman selama ini sudah banyak membantu pemerintah Kabupaten Mamasa dalam hal peningkatan SDM, sehingga apresiasi luar biasa jika dapat lebih fokus membantu pemerintah desa di Kabupaten Mamasa.

Ditemui di tempat yang sama, Asisten Bupati Mamasa, Bapak Kain Lotong menyampaikan bahwa dalam waktu dekat antara Unasman dan Pemerintah Kabupaten Mamasa akan lebih dahulu membicarakan rencana Penandatanganan Program Kerjasama untuk selanjutnya ke depan akan mengundang unsur pemerintah desa yang ingin menjadi mitra kerjasama Program Unasman Membangun Desa selanjutnya (BB/MA).

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter