Desain Desa Kebunsari Mandiri Sejahtera, PUMD Unasman Menghadirkan Pelatih Bumdes

Foto Bersama Narasumber Basri, S.Kom.,MT bersama Pengurus BPD, BUMDes, dan Aparat Desa yang Hadir

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 58

Wonomulyo, suarainsani.com – Program Unasman membangun desa (PUMD) yang di tempatkan di Desa Kebunsari Kecamatan Wonomulyo melaksanakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi peningkatan kapasitas kader BUMDES”. Kegiatan ini di rancang Oleh Mahasiswa PUMD Desa Kebunsari yang di dampingi langsung oleh Bapak Ahmad syah, S.Pd, M,Pd sesuai analisis kebutuhan pembangunan  Desa.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis (16/09/2021) di Kantor Desa Kebunsari  Kecamatan Wonomulyo, dihadiri beberapa elemen masyarakat desa di antaranya, Aparat Desa, Kepala Dusun, Pengurus BPD, Pengurus BUMDES, Karang Taruna, dan beberapa Tokoh Masyarakat Kebunsari yang juga ikut serta dalam sosialisasi tersebut.

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kader Bumdes yang berlangsung di Kantor Desa Kebunsari Wonomulyo

Peserta sosialisasi sangat antusias dalam kegiatan ini, bahkan beberapa orang di antaranya ikut angkat bicara terkait keadaan Desa Kebunsari dan BUMDES selama ini, yang cenderung belum efektif.

“Selama ini kami tidak tahu bagaimana konsep menuju desa Mandiri Sejahtera, namun dengan penguatan seperti ini, kita berharap Desa Kebunsari dapat menjadi Desa Mandiri Sejahtera.” Tegas Ketua BPD yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Narasumber literasi BUMDes Nasional, Bapak Basri, S.Kom., M.T, dalam pemaparan materinya menjelaskan bagaimana pengelolaan BUMDES di desa-desa mandiri yang sudah maju, yang saat ini sudah menghasilkan miliaran pertahunnya bahkan mencapai 12 miliar per tahunnya, pemateri juga menegaskan bahwa tidak ada jaminan bahwa kedepan anggaran desa yang mencapai 1 miliar di anggarkan di tahun-tahun berikutnya, maka dari itu desa harus sadar dengan potensinya dan menjadikan potensi tersebut sebagai sumber pembangunan ekonomi desa.

Tampak Peserta Menerima Materi dengan Serius

“Butuh kesadaran dan kolaborasi bersama dan kolektif untuk dapat membangun desa menuju mandiri dan sejahtera, hal ini tidaklah sulit jika bersama-sama mau melibatkan diri dan mendukung Program Penguatan BUMDes sebagai sentra ekonomi strategis di desa.” Tegas Basri sebagai narasumber yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unasman.

Tambahnya lagi bahwa dari sekian banyak desa yang sudah menghasilkan miliaran itu, semuanya tidak pernah lepas dan didasari atas kerja sama dari para akademisi yang mempunyai ilmu dan gagasan mengenai potensi Desa, dan saat ini Unasman siap untuk membantu dalam penggalian potensi yang ada di desa Kebunsari, tentunya dengan Mekanisme bahwa pihak desa harus betul-betul Serius dalam kerjasama dan melakukan MOU Antara UNASMAN dan Desa Kebunsari. (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter