Sukses Gelar Munas Pertama, Asosiasi Profesi Informatika dan Komputer Indonesia Mendapat banyak Apresiasi dan Harapan

Sambutan dan Apresiasi Gubernur Sulawesi Barat dalam Munas I APIK Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 40

Jakarta, suarainsani.com – Asosiasi Profesi Informatika dan Komputer Indonesia (APIK) sukses menggelar Musyawarah Nasional I secara virtual pada Sabtu (03/07/2021).

Kegiatan virtual melalui Zoom yang dihadiri oleh ratusan peserta dari 34 Provinsi di Indonesia tersebut, mengangkat tema “Bersama APIK Indonesia, Membangun Kompetensi Menuju Indonesia yang Kompeten.”

Apresiasi luar biasa datang dari berbagai kalangan atas pendirian lembaga APIK sebagai jembatan baru dalam upaya menghadapi tantangan era Industri 4.0 dan visi Indonesia Maju di bidang Teknologi Informatika dan Komputer.

Dihadiri oleh kementerian sektor terkait dan Perwakilan Kepala Daerah, APIK mendapat dukungan penuh dan titipan harapan agar dapat berkolaborasi bersama. Tampak dalam acara tersebut, memberikan sambutan apresiasi Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), H.M. Ali Baal Masdar.

Sambutan Gubernur Sulbar, H.M. Ali Baal Masdar pada saat pembukaan Munas I APIK Indonesia

Dalam sambutannya yang ditayangkan melalui video virtual, Gubernur Sulbar menyampaikan harapan agar APIK yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia ini, dapat membantu pemerintah daerah untuk menjadi jembatan pengembangan teknologi Informatika sehingga dapat menjadi solusi adanya kesenjangan antar wilayah Indonesia yang beranekaragam permasalahannya, khususnya di bidang teknologi.

“Harapan kami sinergitas dan kolaborasi bersama, membangun daerah sangat dibutuhkan sehingga dengan adanya Asosiasi Profesi Informatika & Komputer Indonesia yang juga nantinya ada di Wilayah Sulawesi Barat akan sangat membantu pemerintah khususnya memberi masukan-masukan pengembangan di bidang teknologi informatika.” Tegas Gubernur Sulbar.

Mewakili Dirjen Pembinaan Pelatihan & Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja, Muchtar Azis, S.T., M.Si selaku Koordinator Bidang Pengembangan Standarisasi Kompetensi dan Kualifikasi Nasional, turut mengapresiasi asosiasi yang bergerak di bidang pengembangan kompetensi kerja.

Tambahnya dalam sambutannya mewakili Kementerian Tenaga Kerja, Muchtar memaparkan bahwa di situasi pandemi covid-19 berdampak pada semua lapisan masyarakat, khususnya yang terkait dengan tenaga kerja, dimana menurut data angkatan kerja terdampak 1.62 juta orang, yang bukan angkatan kerja 0.65 juta orang, sementara yang tidak bekerja terdampak covid-19 sebesar 1.11 juta orang, sedangkan penduduk yang bekerja mengalami pengurangan kerja sebanyak 15.72 juta orang.

Sambutan Muchtar Azis, S.T., M.Si selaku Koordinator Bidang Pengembangan Standarisasi Kompetensi dan Kualifikasi Nasional Dirjen Pembinaan Pelatihan & Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Kemnaker

Hal tersebut menurutnya perlu upaya bersama ke depan bagimana pengurangan pengangguran dan pemulihan ekonomi nasional, apalag di era industri 4.0, dampaknya dapat membuat banyaknya posisi pekerjaan yang akan tergantikan, dibarengi juga munculnya jenis pekerjaan baru, sehingga dibutuhkan banyak pelatihan kompetensi.

“Kementerian Tenaga Kerja telah menganalisa bahwa Industri TIK akan tinggi pertumbuhannya ke depan, sehingga harapan kita kehadiran APIK dapat memberi kontribusi penyediaan SDM yang Kompeten dan produktif, selain itu mewakili Kemenaker mengapresiasi keberadaan APIK yang memiliki visi, misi, dan tujuan yang sangat mulia terutama dalam memberikan dukungan dan fasilitas peningkatan dan penguatan kompetensi serta produktivitas Tenaga Kerja di bidang Informatika”. Tambahnya.

Pesannya, menutup sambutannya, Kementerian Tenaga Kerja berharap, APIK dapat bertumbuh dan berkembang bersama Kemenaker dan Stake holder lainnya di bidang Ketenagakerjaan, serta mengikutsertakan Pemda untuk upaya penguatan Kompetensi SDM di bidang Informatika.

Ketua RTIK Fajar Eri Dianto memberikan Apresiasi dan Harapan

Mewakili Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo oleh Bonifasius Wahyu Pudjianto Selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, yang dibacakan oleh Bapak Fajar Eri Dianto, menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya Munas I APIK Indonesia, selain itu dalam penyampaiannya, Boni berharap atas nama kementerian Kominfo hal ini akan dijadikan acuan dalam pengembangan SDM di bidang Informatika.

Di kesempatan yang sama, dalam diskusi setelah Musyawarah yang menetapkan Muhammad Mihram,S.Pd.,M.Pd terpilih sebagai ketua umum APIK, Fajar Eri Dianto selaku Ketua Umum Relawan TIK (RTIK) Indonesia juga menitip harapan agar semua pengurus dan anggota dapat berkolaborasi bersama membangun SDM Indonesia Unggul di bidang TIK. “RTIK mengembang amanah sebagai relawan di seluruh Indonesia, sehingga denan adanya APIK kita akan bersinergi dan kolaborasi bersama khususnya dalam waktu dekat dengan program-program sertifikasi kompetensi di seluruh wilayah Provinsi dimana RTIK berada,” Tegas bapak Fajar Eri Dianto. (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter