Ribuan Pekerja Migran Akan Pulang Melalui Tanjung Silopo, Gubernur Sulbar Berkoordinasi bersama Mensos

Gubernur Sulbar H.M Ali Baal Masdar saat Bertemu Mensos Ibu Tri RIsmaharini di Kantor Kemensos RI Membahas terkait pemulangan PMI di Sulbar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 48

Jakarta, suarainsani.com – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) H.M. Ali Baal Masdar berkunjung ke Kantor Kementerian Sosial pada Jumat (18/06/2021). Kunjungan kali ini sebagai upaya mitigasi dampak sosial yang akan terjadi akibat dari Ribuan Pekerja Migran dipulangkan melalui Tanjung Silopo.

Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi sekaligus meminta dukungan Pemerintah Pusat, sebagiamana disampaikan oleh Tenaga Ahli Gubernur Sulbar Firdaus Gigo Atawuwur, melalui pesan media.

“Ribuan Pekerja Migran Indonesia dari Sabah-Malaysia yang dideportasi akan dipulangkan melalui Pelabuhan Tanjung Silopo sebagaimana direncanakan sebelumnya, dan hal ini telah lama direncanakan, dan dalam waktu dekat kita upayakan agar segala urusan baik urusan di dalam negeri termasuk kementerian terkait seperti Kementerian Tenaga Kerja, BP2MI, bahkan Kementerian Sosial kita koordinasikan, sehingga tinggal menunggu kesiapan pemulangan dari pihak Malaysia” Terangnya.

Ditambahkan pula, bahwa kunjungan kali ini Gubernur Sulbar ke Kementerian Sosial, bertemu Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini langsung sebagai bentuk koordinasi dan permohonan dukungan, karena tentunya pemulangan PMI di Tanjung Silopo berasal dari seluruh daerah di Tanah Air, dan untuk memulangkan mereka kembali ke Daerah asal tidak akan mudah.

Butuh persiapan dan koordinasi, belum lagi jika penjemputan mereka tidak cepat dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing, maka jumlah yang begitu banyak akan tertampung di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sehingga potensi masalah sosial besar kemungkinan akan terjadi.

Menanggapi hal ini, Waskito Budi Kusumo selaku Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Susila dan Korban Perdagangan Orang Kemensos, menyampaikan bahwa perihal itu sudah ada solusi mengingat selama ini pemulangan PMI dari Malaysia melalui tiga pintu yaitu Tanjung Pinang Kepri, Pontianak Kalimantan Barat, dan Jakarta, dan di tempat tersebut disediakan fasilitas Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) sebelum PMI dipulangkan ke daerah asal.

Koordinasi Pemprov Sulbar di Kantor Kemensos RI

Dalam pesannya, melalui pertemuan bersama Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, Firdaus Gigo Atawuwur, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar, H. Bahtiar HS, dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulbar, Bau Akram Dai, Waskito Budi Kusumo menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemprov Sulbar dibawah kepemimpinan H.M. Ali Baal Masdar, sudah menunjukkan kepedulian yang luar biasa bukan hanya kepada warga Sulbar tapi seluruh masyarakat Indonesia PMI Bermasalah yang ada di Sabah-Malaysia.

Masih di tempat yang sama, sesaat setelah pertemuan bersama Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini, saat pertemuan bersama media, lebih lanjut Gubernur Sulawesi Barat H.M. Ali Baal Masdar menyampaikan upaya pemulangan tidak akan berhenti sampai disitu, akan tetapi Pemprov Sulbar tengah mempersiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang lengkap atas kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, sehingga PMI asal Sulbar dan diluar Sulbar dapat dimasukkan dulu di BLK sebelum kita lepas ke masyarakat.

“PMI yang kita pulangkan, akan dimasukkan di BLK dulu untuk dibina dan diberi keterampilan kerja, sehingga begitu selesai dari BLK dapat langsung kerja,bahkan membuka lapangan kerja.” Imbuh H.M. Ali Baal Masdar yang juga mantan Bupati Polewali Mandar dua periode.

Sementara di tempat yang sama, saat konferensi Pers, Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini menyampaikan siap membantu Pemprov Sulbar dan memfasilitasi sekaligus menjadi mediator pemulangan PMI dari Sabah-Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo.
“Kami akan menjadi mediator untuk menyurati para kepala daerah asal PMI agar masing-masing nantinya menjemput warganya, sehingga tidak perlu ditampung lama di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.” Tegas Risma kepada media.

Menanggapi hal tersebut, H.M. Ali Baal Masdar menyampaikan bahwa untuk sementara para deportan akan ditampung di Sport Center terlebih dahulu sebagai tempat transit sementara untuk menunggu proses pemulangan dan proses pemerikasaan kesehatan, termasuk juga bagi yang dari wilayah luar Sulbar, fasilitas sementara tersebut disiapkan sambil memunggu proses pemulangan ke daerah masing masing. (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter