Rintis Kerjasama antar Daerah, Gubernur Sulbar Kunjungan Kerja ke NTB

Suasana Sambutan Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah di Ruang VIP Bandara Lombok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 84

Lombok, suarainsani.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Pimpin Oleh Gubernur H.M. Ali Baal Masdar merintis  upaya kerjasama antara daerah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagaimana dalam kunjungan Gubernur Sulbar ke NTB pada Selasa (30/03/2021).

Kunjungan kali ini difokuskan pada bidang ketenagakerjaan dan diharapkan akan meluas ke bidang-bidang lainnya sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Sulbar H. M. Ali Baal Masdar, didampingi Unsur Pimpinan (Wakil Ketua III) DPRD Prov. Sulawesi Barat Bapak Abd. Rahim, Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat Bapak Syamsul Samad, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bapak H. Bahtiar HS, Sekretaris DPRD Prov. Sulbar H. Abd. Wahab HS, dan Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ketenagakerjaan, Sosial, dan Hubungan Kerjasama Bapak Firdaus Gigo Atawuwur.

Gubernur Sulbar beserta seluruh rombongan tiba di Bandara Zainuddin Abdul Madjid sekitar pukul 11 WITA dan disambut langsung oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah beserta OPD terkait di ruang VIP Bandara.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Tenaga Ahli Gubernur, Firdaus Gigo Atawuwur menyampaikan bahwa kunjungan ini, selain upaya kerjasama antar kedua daerah, juga atas dasar undangan Dirjen Binalattas Kemnaker RI untuk memantau Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Lombok Tengah dan UPTP BLK Kemnaker di Lombok Timur.

“Pada hari itu juga, Gubernur Sulbar H.M.Ali Baal Masdar tidak melewatkan kesempatan,  mengesampingkan rasa lelah dalam perjalanan dari Makassar, langsung memenuhi agenda memantau Sirkuit Moto GP Mandalika Lombok, dilanjutkan Peninjauan LTSA, dan kunjungan ke Desa Gelogor sebagai Desa Migran.” Info Firdaus Gigo Atawuwur melalui telepon kepada media.

Foto Bersama saat Kunjungan ke LTSA Lombok Tengah tanggal 30 Maret 2021

Tambahnya, di kesempatan pertemuan bersama Gubernur NTB tersebut, Gubernur Sulbar juga secara simbolis menerima bantuan satu Milyar lebih untuk korban Gempa Sulbar dalam rangka pemulihan ekonomi dari Gubernur NTB.

Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan komitmen bahwa kedua daerah banyak memiliki kesamaan, khususnya masalah Ketenagakerjaan. Sehingga Gubernur NTB berharap melalui pesan media Firdaus Gigo Atawuwur, menyampaikan bahwa ke depan antara NTB dan Sulbar akan membangun komitmen bersama untuk saling membantu dalam berbagai aspek termasuk penanganan masalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari kedua daerah masing-masing.

Dalam kunjungan di LTSA di lombok Tengah, Gubernur Sulbar disambut langsung Wakil Bupati Lombok Tengah beserta dinas terkait. Gubernur Sulbar dalam pertemuan tersebut berharap pelayanan di LTSA Lombok Tengah dapat diadopsi di Sulbar, sesuai pedoman penyelenggaraan dari Pemerintah.

“Hal yang cukup menarik bagi Gubernur Sulbar saat mengunjungi Desa Migran di Lombok Barat sebagai akhir rangkaian kunjungan di tanggal 30 Maret tersebut, adalah upaya pemerintah daerah untuk memberikan pembinaan PMI Purna sehingga dapat berwiraswasta dan mandiri dan mendirikan UKM-UKM yang dirintis oleh PMI Purna setelah menjalani sebagai PMI di Luar Negeri. Hal tersebut tentunya akan diadposi di Sulbar dan terus diupayakan sehingga Warga Sulbar yang banyak di Luar Negeri bekerja sebagai PMI tidak selamanya menjadi PMI akan tetapi mampu bekerja mandiri dan berwiraswasta serta membuka lapangan kerja.” tutur Firdaus Gigo Atawuwur dalam media telepon. (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter