Berjuang untuk Pemulihan Ekonomi, Gubernur Sulbar Audensi ke Menteri Ketenagakerjaan

Gubernur Sulbar H.M.Ali Baal Masdar saat kunjungan ke Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI dan diterima langsung oleh Ibu Menteri, Ida Fauziah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 35

Mamuju, suarainsani.com – Belum lepas situasi pandemi Covid-19 yang tentunya mempengaruhi keadaan ekonomi masyarakat, ditambah bencana gempa Sulbar Januari silam, tidak menghalangi upaya pemerintah, khususnya pemerintah provinsi Sulawesi Barat dalam rangka pemulihan ekonomi.

Oleh Gubernur Sulawesi Barat H.M.Ali Baal Masdar, dalam berbagai kesempatan terlihat melakukan berbagai upaya. Salah satu hal yang dilakukan oleh Gubernur baru-baru ini adalah dengan upaya penguatan ketenagakerjaan.

Menemui Menteri Ketenagakerjaan RI, Ibu Ida Fauziah,  H.M.Ali Baal Masdar menyampaikan harapan-harapan program yang dapat diwujudkan dalam waktu singkat. Disampaikan melalui Bapak Firdaus Gigo Atawuwur selaku Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ketenagakerjaan, Sosial dan Hubungan Kerjasama, Gubernur Sulbar langsung diterima oleh Ibu Menteri di ruang penerimaan tamu menteri pada (23/02/2021).

Tampak hadir mendampingi Gubernur, selain Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ketenagakerjaan, Sosial dan Hubungan Kerjasama, juga turut hadir H. Bahtiar HS selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar, dan Yusdi Paksi Segara selaku Kabid Tenaga Kerja Kabupaten Polman.

Gubernur Sulbar H.M.Ali Baal Masdar saat foto bersama Ibu Menteri Ida Fauziyah

“Dalam pertemuan tersebut Bapak Gubernur menyampaikan lima agenda ke Ibu Menteri, diantaranya Rencana peresmian Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kab. Polman, kemudian Rencana Deportasi PMI dari Sabah Malaysia langsung ke Pelabuhan Silopo Polman yang berharap diterima langsung oleh ibu menteri” Kata Firdaus dalam kesempatan melalui media onine.

Lanjutnya, dalam pertemuan yang berlangsung siang hari tersebut, selain dua agenda di atas selanjutnya Gubernur menyampaikan permohonan kepada Ibu Menteri agar Pengalihan status UPTD BLK Prov. Sulbar ke UPT BLK Kemnaker RI dapat segera dilaksanakan, kemudian Program Padat Karya dalam rangka Pemulihan Percepatan Ekonomi pasca bencana alam Sulbar dan Pembinaan PMI Purna, serta penyerahan salinan Peraturan Gubernur Sulawesi Barat Tentang Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia asal Provinsi Sulawesi Barat yang Bekerja di Luar Negeri.

“Kita akan menghadirkan menteri dalam acara peresmian LTSA ke depan, dan Ibu Menteri mengisyaratkan akan segera ke Sulbar, tentunya rangkaian acara kegiatan kita akan rangkaikan dengan beberapa agenda diantaranya dirangkaikan dengan acara deklarasi Sulbar Kompeten oleh Gubernur dengan penyerahan Lisensi LSP P3 Teknologi Informatika, dimana LSL P3 ini merupakan LSP P3 bidang Komputer pertama berada di luar jawa,.” Tegas H. Bahtiar HS selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Sulbar yang juga memberikan konfirmasi kepada media terkait hasil pertemuan tersebut.

Ditambahkan bahwa selain peresmian LTSA, jika tidak ada aral melintang sekaligus Ibu menteri dapat menerima deportasi perdana PMI melalui pelabuhan Tanjung Silopo di Kab. Polman, sehingga sejauh ini menurutnya rencana pengulangan PMI sedang dikomunikasikan ke pihak Sabah Malaysia.

Sementara itu terkait program padat karya yang Gubernur turut sampaikan dalam pertemuan tersebut, Ibu menteri mendukung penuh.

Meneruskan pesan gubernur, Firdaus selaku Tenaga Ahli menyampaikan beberapa konfirmasi media terkait hasil pertemuan, bahwa untuk program Padat Karya, diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19 dan Pasca gempa bumi di Sulbar.

Sedangkan rencana pengalihan status UPTD BLK Provinsi ke Kemnaker untuk dijadikan UPT Kementerian semata-mata untuk pengembangan, sehingga Penyerahan status ini tentunya harus mendapat persetujuan DPRD provinsi.

Inti dari kelima point yang Gubernur sampaikan tersebut, oleh Menaker Ida Fauziah merespon baik dan akan  segera ditindaklanjuti.

Gubernur Sulbar H.M.Ali Baal Masdar saat memantau proses pelatihan di BBPLK Bekasi

Di acara terpisah Rabu (24/02/2021) kunjungan Gubernur Sulbar selanjutnya dilakukan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi didampingi Staf Ahli menteri Tenaga Kerja, kepala BBPLK Bekasi, Direktur Instruktur Dan Tenaga Pelatihan Binalattas Kemnaker.

Dalam kunjungan tersebut setelah keliling di beberpa fasilitas layanan pelatihan kerja, Gubernur berharap BBPLK hadir di Sulbar, sehingga Tenaga Kerja Sulbar sudah memiliki skill untuk bekerja baik di dalam maupun di luar Negeri. (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter