Menggandeng Komunitas Sahabat Bebas, Relawan Yapinus Salurkan Bantuan Korban Gempa Sulbar

Foto Bersama Relawan Yapinus dan Relawan Komunitas Sahabat Bebas setelah serah terima bantuan di Desa Rappang Barat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 62

Polewali, suarainsani.com – Yayasan Peduli Insani Nusantara (Yapinus) kembali menyalurkan bantuan untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar) pada Minggu (31/01/2021). Kalau pada penyaluran dua kali sebelumnya, Tim Relawan Yapinus hanya bersama Tim Pengawal dari Kodim 1402 Polmas, maka pada penyaluran bantuan kali ini Yapinus bersama-sama Komunitas Sahabat Bebas.

Turut dalam rombongan, Ketua Umum Yapinus Firdaus Gigo Atawuwur didampingi Pengurus Yapinus Provinsi Sulbar Yusuf Djalaluddin beserta segenap relawan Yapinus, sementara Komunitas Sahabat Bebas dikawal langsung oleh Bapak Bebas Manggazali didampingi Istri, beserta simpatisan dan relawan komunitas.

Jika pada penyaluran sebelumnya untuk wilayah di pengungsian daerah Mamuju, wilayah Malunda, Ulumanda, dan Tappalang, maka  bantuan yang berupa paket sembako dan masker, kali ini dibagikan khusus kepada korban gempa yang mengungsi di beberapa desa di Polewali Mandar, diantaranya Desa Barumbung sebanyak 18 KK, Desa Bakka Bakka 8 KK, Desa Rappang Barat 5 KK, Desa Banua Baru 9 KK, Desa Mapilli Barat 31 KK, Kel. Pappang 40 KK, Desa Sabang Subik 20 KK, Tinambung 30 KK, dan Limboro 50 KK.

Kondisi Pengungsi korban Bencara di desa Pappang Campalagian yang dikunjungi oleh Ketua Umum Yapinus bersama seluruh relawan

“Penyaluran kali menyasar pengungsi-pengungsi yang menurut data kami, masih kurang mendapatkan bantuan karena mereka tidak berada di pengungsian terpusat dan di wilayah bencana, sementara bantuan-bantuan selama ini kebanyakan diantar ke lokasi korban bencana di Mamuju, Malunda, dan Ulumanda.” Ungkap Firdaus GigoAtawuwur, selaku ketua Umum Yapinus.

Saat ditemui di lokasi penyaluran bantuan di Rujab Camat Tinambung yang diterima langsung camat Tinambung, Firdaus menambahkan bahwa data pengungsi yang didapatkan, atas kerjasama dengan Kodim 1402 Polmas, melalui jaringan Informasi Babinsa di desa-desa di Polewali Mandar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dandim 1402 Polmas beserta jajaran yang dari awal Yapinus bergerak menyalurkan bantuan, senantiasa mendukung Kami, bukan hanya dari sisi personel, dan transportasi, tapi kebutuhan akan data dan Informasi pengungsi itu sangat vital.” Tegas Yusuf Djalaluddin selaku Pengurus Yapinus Provinsi Sulbar

Turut Menyerahkan bantuan Bapak H.M. Yusuf Djalaluddin selaku koordinator Yapinus Sulawesi Barat

Bapak Yusuf Djalaluddin selaku Koordinator relawan Yapinus yang juga mantan Kepala Dinas Sosial Polewali Mandar, menambahkan bahwa bantuan yang disalurkan melalui Yapinus kali ini, selain  berasal dari beberapa anggaran CSR perusahaan di Malaysia, Filipina, Indonesia, dan donator perorangan, juga berasal dari komunitas Sahabat Bebas sehingga pada penyaluran kali ini, selain dari Relawan Yapinus, juga turut serta bersama relawan Komunitas Sahabat Bebas yang dikawal langsung Bapak Bebas Manggazali beserta Istri dan keluarga.

Secara Simbolik Bapak Bebas Manggazali didampigi Istri dan keluarga Komunitas Sahabat Bebas saat menyerahkan paket bantuan kepada salah satu korban bencana

Ditemui di lokasi pengungsi di kelurahan Pappang, Bapak Bebas Manggazali, menuturkan bahwa selain menyalurkan paket sembako, juga dibagikan Masker dan melakukan edukasi agar mematuhi protokol kesehatan walaupun ditengah pandemik Covid-19.

“Kehadiran kami beserta Relawan Yapinus, semata-mata sebagai bentuk dukungan moril kepada masyarakat, bukan hanya kepada Pengungsi Korban Bencana, tapi lebih dari itu, kepada masyarakat Polewali Mandar juga selaku tuan rumah yang menampung, kita harus menunjukkan bahwa mereka tidak sendiri, walaupun pengungsi itu kita tidak sama daerah, tapi kalau berbicara kemanusian kita harus tunjukkan kepedulian, dan bebaskan mereka dari kesedihan dan kekhawatiran.” Tegas Bebas Manggazali yang juga Sekda Polewali Mandar.  (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter