UNASMAN MASIH TERBAIK DENGAN DOMINASI PEMENANG KOMPETISI SAHABAT BUMI DI PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2020

Juara Kompetisi Sains Bertajuk Kompetisi Sobat Bumi didominasi Unasman di Sulawesi Barat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 121

Polewali, suarainsani.com – Kompetisi Sobat Bumi tahun 2020 untuk seleksi tingkat provinsi selesai digelar, danUniversitas Al Asyariah Mandar (Unasman) tampil masih yang terbaik di Sulawesi Barat.

Ajang kompetisi sains bergengsi tahunan ini merupakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat perguruan tinggi, yang pada tahun ini diberi nama Kompetisi Sobat Bumi 2020. Dilansir dalam website sobatbumi.id tertandatangan pada tanggal 19 November 2020 diumumkan pemenang tiap provinsi.

Untuk provinsi Sulawesi Barat, pada empat bidang lomba (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) setidaknya hanya tiga bidang yang masuk kategori pemenang karena ketatnya seleksi yang dilakukan oleh penitia. Dari ketiga bidang tersebut tujuh juara yang berhasil diraih mahasiswa asal Sulawesi Barat dan enam diantaranya merupakan mahasiswa Unasman.

Untuk provinsi Sulawesi Barat diumumkan pemenang untuk bidang Matematika juara I, II,dan III didominasi mahasiswa UNASMAN, diantaranya Juara I atas nama Deviana Devi, Juara II atas nama Yemima, dan Juara III atas nama Reski.

Pada bidang Biologi, Juara I atas nama Nurbania asal Universitas Sulawesi Barat, sementara Juara II dan III dari Unasman, diantaranya Juara II atas nama Alfi Syahri Futri Diana, dan Juara III atas nama Irvan Praya, sedangkan pada bidang Fisika juara I atas nama Muh. Ramlan, dari Unasman, sementara Juara II, dan III tidak ada yang berhasil lolos, dan untuk bidang Kimia, tidak ada satupun yang juara dari Sulawesi Barat.

Hasil pemenang ini berdasarkan seleksi tertulis yang dilakukan Panitia secara online pada 12 November 2020. Berdasarkan hasil seleksi dipilih juara I, II,dan III dengan ketentuan jumlah peserta seleksi provinsi yang mengikuti tes < 10 untuk setiap bidang diputuskan hanya ada Juara 1 Provinsi, dan Skor (nilai) peserta terbaik provinsi harus sama dengan atau lebih besar dari => 0.

Ajang kompetisi Sobat Bumi yang digelar oleh Pertamina, dalam websitenya disampaikan bertujuan lebih luas dapat menginspirasi masyarakat luas dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, untuk memecahkan isu kelangkaan energi di daerah terpencil, pelosok dan/atau terisolisir lainnya, yang mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat serta lingkungan.

Gelaran tahunan ini untuk tingkat Perguruan Tinggi diharapkan dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa untuk menuangkan ide kreatif dan inovatif, minimal menunjukkan bakatnya dalam bidang sains dasar (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Alur Seleksi Kompetisi Sobat Bumi Tahun 2020

Dihubungi melalui media komunikasi, Rektor Unasman Ibu Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin,M.Si, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pencapaian prestasi Unasman lagi dalam ajang bergengsi di bidang sains ini.

“Kami betul-betul serius dalam hal pengembangan minat dan bakat serta penelusuran potensi anak didik kami, dan kami juga senantiasa memberikan apresiasi setiap prestasi yang diraih oleh mahasiswa Unasman”. Tegas Rektor  yang juga Putri Pendiri Kampus Unasman.

Dalam media komunikasi yang sama saat dihubungi oleh awak media Suarainsani terkait utusan tingkat Nasional dimana tidak ada salah satu dari asal Sulawesi Barat, salah satu Pembina OSN Unasman, Ibu Fatimah,S.Si, M.Pd, menyampaikan bahwa untuk lolos seleksi Nasional, setiap juara Provinsi akan diseleksi nilainya di tingkat regional sehingga terlihat dalam peserta hasil seleksi untuk tingkat nasional untuk bidang Matematika diwakili asal Universitas Hasanuddin (Sulsel), Bidang Fisika diwakili asal UIN Alauddin Makassar (Sulsel), bidang Kimia dan Biologi masing-masing diwakili asal Universitas Sam Ratulangi (Sulut). (BB/MA)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter