Dikawal Pengawalan Ketat, Berikut Prosedur Pemulangan PMIB Asal Sulawesi Menuju Pelabuhan Pare-pare

Pelaksanaan apel kesiapan penerimaan rombongan Deportan PMIB dipimpin oleh Kepala BP2MI Nunukan di Pelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara

Pelaksanaan apel kesiapan penerimaan rombongan Deportan PMIB dipimpin oleh Kepala BP2MI Nunukan di Pelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 36

Sulbar, suarainsani.com – Belum lama ini, Malaysia melakukan deportasi 164 WNI pelawat (bukan Pekerja Migran Indonesia) yang stranded di wilayah kerja KRI Tawau akibat dari lockdown yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia melalui pelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara.

Kini Malaysia kembali deportasi 243 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) melalui pelabuhan Tunontaka Nunukan  3 Juni 2020, dengan rincian Sulawesi 210 orang, NTT 24 orang, NTB 4 orang, Jawa Timur 4 orang, dan Kalbar 1 orang, dari 234 PMI-B diantaranya 12 orang dari Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat.

Para PMIB Deportan asal Sulawesi saat berada di ruangan tunggu pelabuhan Tunontaka Nunukan

Laporan Kepala BP3TKI Nunukan Kombes. Pol. Hotma Victor Sihombing, S.I.K yang diteruskan lewat media,  Kepala BP3TKI Nunukan menyampaikan bahwa pada hari Rabu tgl 3 Juni 2020, pukul 08.00 s.d 20.00 WITA, bertempat di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, telah dilakukan  kegiatan pemulangan PMI Deportasi dari  KRI Tawau ke Nunukan utk selanjutnya menuju Parepare.

Beberapa Muspida Kabupaten Nunukan yg hadir memantau penerimaan Deportasi tersebut diantaranya Bupati Nunukan, Kapolres Nunukan dan Sekda Nunukan.

KM. Thalia Exspress saat berlepas dari pelabuhan Tunontaka Nunukan

“Rincian kegiatan penerimaan Deportasi dimulai pukul 08.00-08.30 WITA dilaksanakan apel kesiapan yg di pimpin oleh Kepala BP2MI Nunukan dan dihadiri 120 personil, meliputi KSKP, Disnaker, KKP, BP2MI, TNI, Dishub, Imigrasi, Beacukai, BNN, Satpol PP.”. Pesan Kepala BP3TKI Nunukan Kombes. Pol. Hotma Victor Sihombing, S.I.K yang diteruskan melalui media.

Dilaporkan pula bahwa setelah apel selanjutnya pukul 10.30 WITA, Rombongan ke 1 para  Deportan sebanyak 120 orang tiba di pelabuhan Tunon Taka dengan kapal Mid East, dan dilakukan Rapid tes (hasilnya seluruh PMI Non Reaktif).

Pada pukul 13.30 WITA, rombongan ke 1 masuk kapal Thalia, dan pukul 15.00 WITA, rombongan ke 2 sebanyak 120 orang tiba di pelabuhan Tunon Taka Nunukan dengan Kapal Mid East.

Rombongan ke 2 tiba pukul 15.15 – 17.00 WITA dan segera mendapat Rapid tes dan dinyatakan seluruh PMI Non Reaktif. Selanjutnya pukul 17.30 WITA Rombongan ke 2 masuk Kapal Thalia Exspress.

Dikabarkan bahwa 19.00 WITA, Kapal Thalia Exspress meninggalkan pelabuhan Tunon Taka Nunukan menuju Parepare dengan di kawal 5 orang anggota Polri bersenjata.

Informasinya hingga berita diturunkan seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar, sehingga pemulangan Deportan berikutnya sebanyak 82 orang akan dilaksanakan pada hari Jumat tgl 5 Juni 2020. (MA)

Please follow and like us:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter