Masih dalam Koordinasi, Pekerja Migran Bermasalah asal Sulbar Berharap Segera Mendapat Perhatian

Kondisi PMI Asal Sulawesi Melakukan Aktifitas Senam Pagi di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Pontianak

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 58

Pontianak, suarainsani.com –  Setelah beberapa pekan berada di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Pontianak, untuk menjalani karantina, Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) asal Sulawesi Barat (Sulbar) meminta Bupati dan Gubernur membantu mempercepat pemulangan mereka.

Hal ini dikabarkan setelah beredar video singkat melalui media sosial sejak (29/05/2020) yang menampilkan sekelompok PMIB asal Sulbar yang diwakili salah seorang PMIB dalam bahasa Mandar menyampaikan perasaan sangat sengsara di penampungan.

Menanggapi hal ini, saat dikonfirmasi melalui pesan media,  Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Jalil Muhammad, menyampaikan bahwa PMIB asal Sulawesi secara umum sudah ditangani dengan baik, dan mendapat pelayanan maksimal dari Dinas Sosial Pontianak.

“PMIB saat ini ditempatkan pada Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Pontianak, sebagai lokasi karantina bagi PMIB yang masuk melalui Pontianak, mereka hanya merasa sudah sangat lama berada di penampungan dan ingin segera pulang, apalagi dalam kondisi pandemik sekarang, mereka harus mendapat penanganan khusus dan sesuai prosedur”. Tegas Jalil Muhammad.

Tim Kesehatan Dinkes Pontianak Saat Melakukan Rapid Test Baru-baru ini

Jalil Muhammad menambahkan bahwa pemulangan PMIB khususnya asal Sulbar seharusnya melalui Pelabuhan di Semarang sebelum diteruskan ke Pelabuhan Makassar. Namun, karena ketidakjelasan pemberangkatan kapal laut saat ini, direncanakan akan melalui Pelabuhan Samarinda menuju Sulawesi, sehingga dari Pontianak kemungkinan akan melalui jalur darat. Hal ini menurutnya masih dalam tahap koordinasi.

Selain itu dalam pesannya, Jalil Muhammad menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak pemerintah Sulbar melalui Staf Khusus Gubernur Sulbar, Firdaus Gigo Atawuwur, karena dengan keikhlasan dan kesungguhan mewakili pemerintah Sulbar, siang-malam tanpa henti berkoordinasi dengan kami dan stake holder terkait, bahkan menghubungkan jalur koordinasi kami ke pemerintah Sulawesi Selatan.

Sampai berita ini diturunkan, dalam beberapa gambar dan video singkat yang dikirimkan terkait kondisi PMIB asal Sulbar, Jalil Muhammad yang juga Koordinator Gugus Tugas Covid19 Dinsos Propinsi Kalimantan Barat, menyampaikan bahwa kondisi PMIB saat ini dalam keadaan sehat bugar, bahkan baru-baru ini telah dilakukan Rapid Test lagi untuk memastikan kondisi PMIB ini sehat sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

PMIB saat pengambilan Sampel SWAB baru-baru ini

Menutup pesannya, Jalil Muhammad menyampaikan harapan agar PMIB asal Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah juga  masuk dalam jalur koordinasi. Sehingga semua PMIB kembali ke daerah masing-masing dengan selamat.

Dikonfirmasi terkait upaya pemerintah Sulbar, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar, Drs. Maddareski Salatin, M.Si, menyampaikan bahwa saat ini sudah ada tim terpadu khusus untuk penanganan PMIB asal Sulbar di masa pandemik ini, sehingga jika terdapat pemulangan PMIB di saat ini dapat teratasi dengan baik. (BB/MA)

Please follow and like us:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter