Enam Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) Asal Polewali Mandar Dideportasi

Enam PMIB asal Kabupaten Polewali Mandar di deportasi dari Malaysia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 101

Jakarta, suarainsani.com – Enam Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) asal Polewali Mandar yang dideportasi akhirnya tiba di Kediaman masing-masing di Polewali Mandar setelah pada Selasa (14/4/2020) melalui koordinasi antara Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM, selaku Staf Khusus Gubernur Sulbar bidang tenaga kerja dan kerjasama luar negeri, kepala BP3TKI Medan, BP3TKI Serang Banten dan BP3TKI Makassar serta Kepala Bidang Tenaga kerja Distransnaker-ESDM Kabupaten Polewali Mandar, Yusdi Paksi Segara, S.STP., M.Adm.KP.

Enam Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) asal Polewali Mandar dideportasi setelah sebelumnya ditangkap oleh pihak Imigrasi Malaysia. Penangkapan ini dilakukan karena para PMI ini hanya berbekal Visa kunjungan dan mereka berangkat secara non-prosedural ke Malaysia sehingga dipenjara oleh pihak Imigrasi Malaysia dalam kurun waktu bervariasi, paling singkat satu bulan dan terlama sembilan bulan.

Hal ini diungkapkan oleh Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM, selaku Staf Khusus Gubernur Sulbar bidang tenaga kerja dan kerjasama luar negeri, yang didampingi Kepala Bidang Tenaga kerja Distransnaker-ESDM Kabupaten Polewali Mandar, Yusdi Paksi Segara, S.STP., M.Adm.KP.

 “Keenam PMI tersebut berangkat secara non-prosedural, sehingga begitu ditangkap dan mendapat hukuman penjara mereka langsung dideportasi. Saat ini mereka telah tiba di kediaman masing-masing setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di Posko kesehatan perbatasan Binuang Kabupaten Polewali Mandar dan selanjutnya keenam PMIB tersebut akan dilaporkan ke Pemerintah Kecamatan untuk dilakukan pemantauan sesuai prosedur penanganan Covid-19.” tegas Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM Kepada Media Suara insani.

Staf Khusus Gubernur menambahkan bahwa Prosedur pemulangan PMIB ini atas koordinasi dengan kepala BP3TKI Medan, BP3TKI Serang Banten dan BP3TKI Makassar. Dimana awalnya di terima oleh BP3TKI Medan di Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatra Utara setelah menggunakan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) karena pada saat mereka mengurus kepulangan ke Indonesia,  mereka tidak memiliki izin tinggal atau Overstay.

Kemudian Setibanya di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Medan, para PMIB ini melakukan pemeriksaan kesehatan di KKP Bandara Udara Internasional Kualanamu dan dinyatakan sehat. Kepala BP3TKI Medan kemudian memfasilitasi penerbangan PMIB asal Polewali Mandar ini ke Jakarta kemudian diterima oleh BP3TKI Serang Banten.

Selanjutnya setelah di data oleh BP3TKI Serang dan diperiksa kondisi kesehatannya di KKP Bandar Udara Soekarno-Hatta sesuai protokol kesehatan, mereka diterbangkan hari ini dari Jakarta dengan ID penerbangan 6288 menggunakan Pesawat Batik Air pada pukul 06.00 WIB ke Bandara Udara Sultan Hasanuddin, Makassar dan diterima langsung oleh BP3TKI Makassar.

Setelah diperiksa oleh KKP Bandara Sultan Hasanuddin dan dinyatakan sehat oleh KKP, selanjutnya BP3TKI Makassar memfasilitasi pemulangan PMIB ini dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Polewali Mandar, Sulawesi Barat. (LN/MA)

Please follow and like us:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter