UNASMAN Memperkuat Pembangunan Desa dengan Menjalin Kerjasama dengan 4 Kecamatan di Polewali Mandar

Rektor Unasman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin memberikan materi Pembuka

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 47

Polewali Mandar, suarainsani.com – Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Kembali melaksanakan program kerjasama penguatan dan pengembangan Desa di Kabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan yang terlaksana sejak 26 Agustus 2019 ini dilaksanakan melalui kegiatan Seminar Pembangunan Desa yang telah dilaksanakan di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Tinambung, Limboro, Alu, dan Mapilli seluruh kecamatan.

Kegiatan tersebut, membahas dan mendiskusikan isu-isu strategis dalam pengembangan perekonomian desa.

Menjadi peserta, aparat pemerintah kecamatan, para kepala desa, aparat desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa.

Pertemuan di Kecamatan Mapilli

Dalam kegiatan tersebut pihak kecamatan dan aparat desa sepakat untuk membangun sinergitas bersama Unasman dalam rangka pengembangan perekonomian desa.

Pengembangan perekonomian desa berkelanjutan ini diharapkan dapat meningkatkan Penghasilan Asli Desa (PAD) melalui Program penguatan Peran dan Fungsi BumDes (Badan Usaha Milik Desa).

Rektor Unasman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si dalam kesempatan komunikasi dengan media menyampaikan bahwa selama ini Unasman melihat banyak hal yang bisa dikerjasamakan bersama pemerintah Desa, sehingga melalui seminar ini dapat bertemu langsung dan mendiskusikan hal-hal yang dapat dikerjasamakan.

Pertemuan di Kecamatan Alu

“Sudah menjadi tugas akademisi di Perguruan Tinggi untuk turun langsung memajukan pembangunan di tingkat Desa, sebagai darma pengabdian kepada masyarakat.” Tegas Chuduriah.

Langah awal setelah dirintis melalui Seminar kecamatan yang dilakukan, selanjutnya akan mengundang pihak desa bersama aparat kecamatan masing-masing untuk duduk bersama membicarakan hal ini.

Ditemui di acara yang sama Basri,S.Kom.,MT selaku Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unasman mengungkapkan bahwa kedepannya setelah kerjasama ini dirintis, selanjutnya akan ada penyiapan program strategis dalam rangka peningkatan kapasitas Pengurus Bumdes yang dikerjasamakan dengan Unasman.

“Saat ini di Unasman tengah membicarakan programnya, mulai penyusunan kurikulum hingga rencana kerja tindak lanjut ke depan.” Ungkap Direktur LPPM.

Tambahnya, Unasman sementara juga mengkaji secara akademis format pengembangan kapasitas kader desa dalam mengelolah potensi yang ada di Desa, dengan didahului dengan MoU dengan Pemda dan aparat desa terkait. (MA/ BB)

Please follow and like us:
error
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter