Laksanakan Seminar Pembangunan Desa, Unasman Siap Gandeng Bumdes se-Kecamatan Limboro

Foto Bersama Rektor Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin beserta Aparat Kecamatan dan Peserta dari Pemerintah Desa

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 56

Polewali Mandar, suarainsani.com – Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) melalui program Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Terintegrasi melaksanakan Seminar Pembangunan Desa bertajuk “Pengelolaan dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Penggerak Perekonomian Desa” pada Senin (26/08/2019).

Acara yang berlangsung di Kantor Kecamatan Limboro tersebut dihadiri Masru Usman, SH., M.Si  selaku Camat Limboro, beserta jajaran pemerintah kecamatan, para Kepala Desa beserta aparat dan pengurus Bumdes se-Kecamatan Limboro, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Masru Usman, SH., M.Si berharap, melalui materi dan diskusi yang dipaparkan dapat melahirkan wawasan terkait pengembangan desa.

Sambutan Camat Limboro Masru Usman SH. M.Si

Selain itu Camat Limboro menegaskan pentingnya acara ini, karena menurutnya terkait infrastruktur, desa kebanyakan sudah maju, namun jika bicara perekonomian desa, hal ini masih penuh tanda tanya, sehingga kehadiran akademisi tentunya sangat dibutuhkan.

Mengawali hal tersebut, Rektor Unasman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si yang turut hadir memberikan sambutan, mengapresiasi pihak kecamatan mau membantu memfasilitasi mahasiswa KKN yang berada di Kecamatan Limboro.

Rektor Unasman Memberikan Sambutan

“Unasman dengan amanah tridarma tentunya dengan kapasitas yang dimiliki siap berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan limboro untuk menjalin kerjasama dengan pihak desa se-Kecamatan Limboro.” Tegas Rektor Unasman tiga periode ini.

Hadir sebagai Narasumber Retno Dwi Utami, selaku tokoh Pemberdayaan Pedesaan. Dalam pemaparan materinya, Retno menyampaikan bahwa saat ini desa harus menganalisis potensi yang dimiliki.

Selain itu, narasumber yang juga tokoh pemberdayaan perempuan tersebut, menitip harapan agar pihak desa tidak semata-mata menghabiskan anggaran yang besar hanya untuk membangun infrastruktur tanpa analisis dan kebermanfaatan yang jelas dapat meningkatkan perekonomian desa.

“Beberapa desa yang berhasil membangun perekonomian masyarakat desa, melalui Bumdes itu karena adanya sumberdaya yang baik di desa, temukan orang-orang cerdas untuk kembali ke desa membangun perekonomian melalui Bumdes.” Tegas Retno.

Menutup diskusi yang berlangsung aktif tersebut, Rektor Unasman menyampaikan peluang kerjasama perlu dibicarakan, bahkan Unasman siap menjadi inkubator bagi pengembangan Bumdes, dan Limboro jika siap kita akan mulai dalam waktu dekat. (MA/ BB)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter