Wujudkan Kerjasama Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen Universitas Terbuka dan Universitas Al Asyariah Mandar Laksanakan Pelatihan bagi Guru

Foto Bersama Sebelum Acara Dimulai tampak Hadir Mewakili Direktur UT Majene Drs. Syamsuddin M.Pd dan Direktur LPPM Unasman Basri. S.Kom.MT

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 118

Majene, suarainsani.com – Sebagai tindaklanjut program kerjasama antara Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Tim dosen yang tergabung dalam Program Kemitraan Masyarakat, laksanakan pelatihan bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK Kabupaten Majene,  Kamis (22/08/2019).

Kegiatan yang mengambil topik “Pelatihan Aplikasi Geogebra” ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 10 SMK yang ada di Kabupaten Majene, diantaranya; SMK Neg. 1 Majene, SMK Neg. 2 Majene, SMK Neg. 3 Majene, SMK Neg. 4 Majene, SMK Neg. 5 Majene, SMK Neg. 6 Majene, SMK Neg.7 Majene, SMK Neg. 8 Majene, SMK Mega Link Majene, dan SMK Al-Qadri Majene.

“Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama Universitas Terbuka (UT) dengan Universitas Al-Asyariah Mandar (UNASMAN) pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat.” Tegas Basri, S.Kom.,MT selaku Direktur  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unasman.

Selain itu disampaikan pula kepada Guru Matematika SMK yang hadir, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dosen selain pengajaran dan penelitian pada tridarma perguruan tinggi, sehingga bagi sekolah-sekolah yang ingin bekerjasama, maka Unasman melalui kapasitas dosen yang ada selalu siap membantu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMK Mega Link Majene ini dibuka pada pukul 09.00 WITA dan diakhiri pada pukul 15.30 WITA. Selain direktur LPPM Unasman, juga diihadiri sekaligus membuka acara secara resmi, oleh ketua pelaksana kegiatan yaitu Drs. Syamsuddin, M.Pd.

“Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kapabilitas guru matematika dalam penggunaan aplikasi Geogebra untuk menyelesaikan persoalan matematika, sehingga sangat disayangkan ketika diadakan pelatihan seperti ini namun tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh tenaga-tenaga pendidik. Apalagi kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeser pun dari peserta.” Kata Drs. Syamsuddin, M.Pd yang juga hadir sekaligus mewakili Direktur UT Majene.

Suasana Peserta Kegiatan Mengikuti Materi

Dalam kegiatan tersebut, diisi oleh tiga pembicara yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNASMAN yakni Herlina Ahmad, S.Pd.,M.Pd. dengan materi “Pengenalan Geogebra dan Aplikasi Geogebra pada Materi Program Linear”, Febriyanti, S.Pd.,M.Si. dengan materi “Aplikasi Geogebra pada Geometri” dan Ayu Rahayu, S.Pd., M.Sc. dengan materi “Aplikasi Geogebra pada Geometri Transformasi”.

Pada awal kegiatan, sebelum materi pertama dibawakan, panitia pelaksana menginstal software aplikasi Geogebra pada leptop masing-masing peserta serta membagikan angket yang berkaitan dengan pengetahuan awal para peserta mengenai aplikasi Geogebra. Ternyata, kebanyakan peserta bahkan belum pernah mendengar tentang aplikasi Geogebra apalagi menggunakannya dalam pembelajaran matematika.

Pada sesi terakhir kegiatan, panitia membagiakan angket mengenai keseluruhan kegiatan mulai dari fasilitas, isi materi, pemaparan materi, diskusi/tanya jawab, dan pandangan para peserta mengenai aplikasi Geogebra. Herlina Ahmad, yang merupakan salah seorang pembicara dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa workshop ini bertujuan untuk mensosialisasikan salah satu aplikasi dalam bidang matematika yang sangat menunjang proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Selain itu, beliau berharap bahwa para peserta akan memperkenalkan aplikasi Geogebra kepada para peserta didiknya dan menggunakan aplikasi tersebut dalam pembelajaran matematika.

Salah satu Narasumber Menyampaikan Materi Pelatihan

Diakhir kegiatan tim PKM UT dan UNASMAN membagikan modul geogebra yang berisi 10 materi. Modul geogebra yang dibagikan merupakan modul yang disusun oleh tim diantaranya Drs. Arifin, M.Pd (direktur UT Majene) Drs. Syamsuddin, M.Pd. (dosen UT Majene), Herlina Ahmad, S.Pd., M.Pd (dosen Prodi Pendidikan Matematika UNASMAN), Febryanti, S.Pd., M.Si. (dosen Prodi Pendidikan Matematika UNASMAN) dan Ayu Rahayu, S.Pd., M.Sc. (dosen Prodi Pendidikan Matematika UNASMAN). Modul yang telah dibagikan kepada peserta diharapkan dapat digunakan pada praktek mandiri.

Workshop ini, ditutup oleh Mahyuddin A., S.Pd., M.Pd Selaku ketua MGMP Matematika Majene. Beliau berpendapat bahwa kegiatan ini sangat sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini yakni “SDM Unggul Indonesia Maju”. Beliau juga mengatakan bahwa sudah sepantasnya para pendidik untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam bidang pendidikan, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. (MA/ BB)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter