Menata Pasar Segar Wonomulyo Menjadi Pasar Marasa, Kadis Perindagkop dan UKM Polman beserta Camat dan Unsur Terkait Memantau Hari Pertama Pasar Marasa.

Kunjungan Pemda dan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Polewali Mandar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hits: 65

Wonomulyo, suarainsani.com – Berharapmenjadikan pasar segar Wonomulyo ke depan menjadi Pasar Wisata, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Polewali Mandar, Dr. Agusnia Hasan Sulur bersama Pemerintah Kecamatan dan Satgas Pasar, meresmikan hari pertama proses penertiban pedagang pada Kamis (20/06/2019). 

Pasar segar Wonomulyo memang merupakan ikon tersendiri bagi Kecamatan Wonomulyo, karena sejak tengah malam hingga subuh, area pasar wonomulyo dipadati pedagang dan pembeli bahan pangan segar seperti sayuran dan ikan, baik yang berasal dari Polewali Mandar, maupun luar daerah.

Kegiatan penertiban yang berlangsung di area pasar ikan, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat tersebut, juga dipantau langsung hingga dini hari oleh H. Umbar selaku Camat Wonomulyo.

H. Umbar selaku Camat Wonomulyo hingga dini hari memantau hari pertama proses penataan pasar

Kegiatan penertiban awal yang dilakukan pemda setempat bersama Dinas terkait dengan memindahkan pedagang yang berada di area Jalan Padi Unggul 1 dan Jalan Padi Unggul 2.

Menurut H. Umbar, pemindahan pedagang area pasar dari Jalan Padi Unggul menuju area pasar ikan, tidak bersifat permanen, pemindahan tersebut hanya dikhususkan pada malam Kamis, malam Jumat, malam Sabtu, malam Senin dan malam Selasa, sementara malam Rabu dan malam Minggu, tetap di jalan Padi Unggul.

Hal ini dikarenakan pada malam Rabu dan malam Minggu merupakan hari pasar, sehingga saat ini untuk area pasar ikan masih tidak mampu memuat pedagang pasar segar yang berjumlah ratusan.

“Sejak bulan Juni kita telah sosialisasikan kegiatan penertiban ini bersama dinas terkait, melalui informasi dan satgas yang dibentuk.” Sambung Camat Wonomulyo.

Ditempat yang sama, dalam kegiatan pemantauan hari pertama penertiban tersebut, Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Polewali Mandar, menyampaikan bahwa pasar segar ini merupakan usaha pemda dalam rangka menjadikan pasar yang Maju, Rapih, Sehat dan Aman Dalam Perlindungan Konsumen sesuai slogannya yaitu pasar Marasa.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Polewali Mandar ikut memantau langsung

Dr. Agusnia Hasan Sulur juga berharap konsep ini dapat menjadi solusi bagi penataan pasar yang lebih baik, bahkan kedepan dengan teknologi yang ada kita akan melakukan inovasi di bidang teknologi menggunakan online shop bagi pedagang pasar segar.

Lebih lanjut disampaikan, dengan konsep jangka panjang kita akan mencanangkan pasar ini menjadi konsep pasar yang unik, nyaman dan sehat, sehingga selain berbelanja juga ada unsur wisata di dalamnya.

“Kerja keras ini tentunya melibatkan peran banyak pihak, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Kecamatan Wonomulyo” Tegasnya. Lanjutnya lagi, Agusnia berharap program ini dapat meningkatka potensi Pendapat Asli Daerah, dan yang lebih utama memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya masalah standar kesehatan di pasar, baik lingkungan, maupun pedagang dan masyarakat setempat. (M.A/ BB)

Please follow and like us:
error
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter